Inti
Sari
Kali ini saya akan mencoba untuk
menganalisa e-store yang dikenal sebagai alibaba group dengan website bernama
alibaba.com.
Alibaba Group adalah kelompok
yang berbasis di Hangzhou milik pribadi dari bisnis e -commerce berbasis
internet termasuk portal bisnis-ke - bisnis online web , retail dan layanan
pembayaran online, belanja mesin pencari dan layanan cloud computing
data-centric . Pada tahun 2012 , dua portal Alibaba bersama-sama menangani 1,1
triliun yuan ( $ 170.000.000.000 ) dalam penjualan , lebih dari pesaing eBay
dan Amazon.com digabungkan . Perusahaan ini terutama beroperasi di Republik
Rakyat Cina, dari Maret 2013 diperkirakan oleh majalah The Economist untuk
memiliki valuasi antara $ 55000000000 menjadi lebih dari $ 120 miliar.
Perusahaan ini dimulai pada tahun
1999 dengan web situs Alibaba.com , portal bisnis-ke - bisnis untuk menghubungkan
produsen Cina dengan pembeli di luar negeri . Its konsumen - ke-konsumen Portal
Taobao , mirip dengan eBay , fitur hampir satu miliar produk dan merupakan
salah satu dari 20 situs paling sering dikunjungi di seluruh dunia . Akun situs
Alibaba Group selama lebih dari 60 % dari paket yang disampaikan di Cina .
Alipay , layanan pembayaran
escrow online, menyumbang sekitar setengah dari semua transaksi pembayaran
online di Cina . Sebagian besar pembayaran ini terjadi menggunakan layanan
Alibaba . Pada September 25, 2013 , perusahaan ini mencari penawaran umum
perdana di Amerika Serikat ( AS ) setelah kesepakatan tidak dapat dicapai
dengan regulator Hong Kong .
E-Store ini menurut saya patut
untuk dianalisa karena meskipun e-bay dan amazon lebih terkenal namun e-store
ini mampu melampaui pesaing yang lainya dalam penjualan
Kata Kunci : E-Store,
E-Commerce
1. Pendahuluan
Perkembangan
Teknologi Informasi Teknologi Informasi saat ini telah mengalami perkembangan
yang sangat cepat. Teknologi Informasi terbukti telah mampu mengintegrasikan
setiap detail infomasi yang sebelumnya dianggap mustahil tercapai, seperti
kecepatan informasi, efisiensi dan efektivitas. Teknologi informasi banyak
diaplikasikan sebagai website untuk penjualan product secara online, dimana
product tersebut dapat diakses di seluruh penjuru dunia.
Oleh sebab itu banyak jasa yang menawarkan aplikasi e-commerce bagi penjual produk secara on-line. yang fitur-fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan toko online itu sendiri. Sehingga dapat meningkatkan penjualan secara otomatis. Dan konsumen dapat dengan mudah mengakses setiap product yang dibutuhkan secara cepat, efisien dan tentu saja aman.
Oleh sebab itu banyak jasa yang menawarkan aplikasi e-commerce bagi penjual produk secara on-line. yang fitur-fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan toko online itu sendiri. Sehingga dapat meningkatkan penjualan secara otomatis. Dan konsumen dapat dengan mudah mengakses setiap product yang dibutuhkan secara cepat, efisien dan tentu saja aman.
2.
Deskripsi E-Store
Alibaba.com adalah perusahaan
utama dari Alibaba Group, yang adalah tempat terbesar di dunia untuk berjual
beli business to business bagi usaha kecil.
3.
Karakteristik Bisnis
3.1 Analisis
Tipe Bisnis
Alibaba Group adalah kelompok yang berbasis internet bisnis-ke
- bisnis online web Atau B2B
Saya tidak menaruh C2C karena Alibaba.com adalah tempat khusus B2B
Meskipun Begitu Alibaba Group Juga Mempunyai Bisnis C2C Yaitu Taobao Namun saya tidak akan membahas tentang website itu kali ini karena saya hanya akan membahas tentang website utama mereka yaitu alibaba.com
Saya tidak menaruh C2C karena Alibaba.com adalah tempat khusus B2B
Meskipun Begitu Alibaba Group Juga Mempunyai Bisnis C2C Yaitu Taobao Namun saya tidak akan membahas tentang website itu kali ini karena saya hanya akan membahas tentang website utama mereka yaitu alibaba.com
Alibaba.com berfokus dalam bidang B2B dalam skala yang
kecil (bisnis kecil)
3.2 Tipe Pengiriman
Alibaba.com mengirim
barang secara manual dengan cara yang diinginkan sesuai dengan kesepakatan
kedua belah pihak
3.3 Layanan
Pihak Ketiga
Alibaba.com menggunakan
layanan :
Escrow Layanan
membuat pembayaran yang aman:
Melindungi transaksi
Anda: Alibaba.com hanya akan memberikan pembayaran ke pemasok setelah
verifikasi dari kedua belah pihak yang transaksi selesai.
Cepat, mudah &
personalisasi layanan: Tempatkan pesanan Anda, membayar, dan melacak pengiriman
mudah secara online atau memiliki bantuan perwakilan layanan khusus Anda
melalui proses tersebut.
Adil dan tidak bias
penyelesaian sengketa: Alibaba.com akan menengahi sengketa perdagangan
berdasarkan bukti yang diberikan oleh kedua pembeli dan pemasok.
3.4 Analisis
Komposisi Pasar
Alibaba.com menangani
perdagangan global dan juga local tetapi berfokus kepada perdagangan global
3.5 Analisis Jam
Kerja
Alibaba.com seperti
website e-store dengan jangkauan global lainya melayani 1 X 24 Jam 7 Hari
Seminggu
4.
Analisis Fungsionalitas
Fungsionalitas yang
kita bisa temukan di website alibaba.com adalah
Buy dengan menu drop
downya yang membantu para pembeli untuk menemukan dan mengetahui bagaimana cara
membeli.
Dengan sub menu How
to Buy
Yang menjelaskan bagaimana untuk membeli
Yang menjelaskan bagaimana untuk membeli
Post Buying Request
Untuk mencari/meminta barang yang masih belum ada diwebsite itu
Untuk mencari/meminta barang yang masih belum ada diwebsite itu
Download Trade
Manager
Sebuah app untuk memperlancar transaksi di Alibaba.com
Sebuah app untuk memperlancar transaksi di Alibaba.com
Sell dengan menu drop
downya yang membantu penjual untuk menjual barang mereka dengan lebih efektif
Sub menunya
Supplier memberships
untuk membuat penjualan semakin efektif karena sang penjual punya membership yang menandakan bahwa penjual tersebut bisa dipercaya
untuk membuat penjualan semakin efektif karena sang penjual punya membership yang menandakan bahwa penjual tersebut bisa dipercaya
Add/Manage Product
Untuk menambahkan atau memanage sebuah product agar lebih efektif
Untuk menambahkan atau memanage sebuah product agar lebih efektif
RFQ
Tempat penjual melihat apakah ada orang yang membutuhkan barang tertentu
Tempat penjual melihat apakah ada orang yang membutuhkan barang tertentu
Learning Center Dan
Training Center
Tempat penjual berlatih dan untuk mengetahui hal-hal di alibaba.com
Tempat penjual berlatih dan untuk mengetahui hal-hal di alibaba.com
Community dan sub
menunya
Untuk membantu mereka
yang masih baru dan ingin tahu lebih dalam tentang alibaba.com
atau hanya saling chat antara pedagang
atau hanya saling chat antara pedagang
Dan juga category
yang berisi banyak tipe barang yang diperjualbelikan
5.
Pengaruh Perencanaan Bisnis dan Fungsionalitas
5.1 Evolusi Bisnis
Bisnis ini bisa
berubah menjadi C2C juga hanya dengan beberapa tambahan namun karena
alibaba.com Cuma berfokus ke bisnis ke bisnis ini membuat banyak user biasa
lebih biasa pergi ke e-bay
5.2 Evolusi
Fungsionalitas
Memberikan bantuan dalam
bertransaksi agar lebih aman bagi kedua belah pihak
Dan juga membuat
daftar penjual terpercaya dan bukan hanya supplier membership saja
Mencegah penipuan
yang terjadi pada saat jual beli
6.
Kesimpulan
Alibaba.com merupakan
tempat yang baik untuk berjual beli bagi pedagang
dan tempat ini sering dibalik bayangan e-bay dan amazon tetapi tetap bisa mendapatkan penjualan yang lebih besar dibandingkan para pesaingnya ini saja sudah merupakan bukti kehebatan alibaba group
dan tempat ini sering dibalik bayangan e-bay dan amazon tetapi tetap bisa mendapatkan penjualan yang lebih besar dibandingkan para pesaingnya ini saja sudah merupakan bukti kehebatan alibaba group
Dan dengan sedikit
tambahan lagi saya yakin website ini akan menjadi lebih baik lagi
7.
Saran
Menambah beberapa
perlindungan bagi penjual dan pembeli karena penipuan sedang marak di internet
dan juga membuat user interface yang lebih bagus
Daftar Pustaka
Diatas adalah Raw Copy Dari Word
Sertakan Comment anda dibawah
Tolong Like Dan Share Website yah ^^
Post a Comment