Pages

Analisis Perencanaan Bisnis dan Fungsionalitas - Desain Web

Posted by Aono Keita

Inti Sari
Kali ini saya akan mencoba untuk menganalisa e-store yang dikenal sebagai alibaba group dengan website bernama alibaba.com.
Alibaba Group adalah kelompok yang berbasis di Hangzhou milik pribadi dari bisnis e -commerce berbasis internet termasuk portal bisnis-ke - bisnis online web , retail dan layanan pembayaran online, belanja mesin pencari dan layanan cloud computing data-centric . Pada tahun 2012 , dua portal Alibaba bersama-sama menangani 1,1 triliun yuan ( $ 170.000.000.000 ) dalam penjualan , lebih dari pesaing eBay dan Amazon.com digabungkan . Perusahaan ini terutama beroperasi di Republik Rakyat Cina, dari Maret 2013 diperkirakan oleh majalah The Economist untuk memiliki valuasi antara $ 55000000000 menjadi lebih dari $ 120 miliar.
Perusahaan ini dimulai pada tahun 1999 dengan web situs Alibaba.com , portal bisnis-ke - bisnis untuk menghubungkan produsen Cina dengan pembeli di luar negeri . Its konsumen - ke-konsumen Portal Taobao , mirip dengan eBay , fitur hampir satu miliar produk dan merupakan salah satu dari 20 situs paling sering dikunjungi di seluruh dunia . Akun situs Alibaba Group selama lebih dari 60 % dari paket yang disampaikan di Cina .
Alipay , layanan pembayaran escrow online, menyumbang sekitar setengah dari semua transaksi pembayaran online di Cina . Sebagian besar pembayaran ini terjadi menggunakan layanan Alibaba . Pada September 25, 2013 , perusahaan ini mencari penawaran umum perdana di Amerika Serikat ( AS ) setelah kesepakatan tidak dapat dicapai dengan regulator Hong Kong .
E-Store ini menurut saya patut untuk dianalisa karena meskipun e-bay dan amazon lebih terkenal namun e-store ini mampu melampaui pesaing yang lainya dalam penjualan
Kata Kunci : E-Store, E-Commerce









1.       Pendahuluan
                                Perkembangan Teknologi Informasi Teknologi Informasi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Teknologi Informasi terbukti telah mampu mengintegrasikan setiap detail infomasi yang sebelumnya dianggap mustahil tercapai, seperti kecepatan informasi, efisiensi dan efektivitas. Teknologi informasi banyak diaplikasikan sebagai website untuk penjualan product secara online, dimana product tersebut dapat diakses di seluruh penjuru dunia.
Oleh sebab itu banyak jasa yang menawarkan aplikasi e-commerce bagi penjual produk secara on-line. yang fitur-fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan toko online itu sendiri. Sehingga dapat meningkatkan penjualan secara otomatis. Dan konsumen dapat dengan mudah mengakses setiap product yang dibutuhkan secara cepat, efisien dan tentu saja aman.
2.       Deskripsi E-Store
Alibaba.com adalah perusahaan utama dari Alibaba Group, yang adalah tempat terbesar di dunia untuk berjual beli business to business bagi usaha kecil.

Homepage Alibaba.com


3.       Karakteristik Bisnis
3.1 Analisis Tipe Bisnis
Alibaba Group adalah kelompok yang berbasis internet bisnis-ke - bisnis online web Atau B2B
Saya tidak menaruh C2C karena Alibaba.com adalah tempat khusus B2B
Meskipun Begitu Alibaba Group Juga Mempunyai Bisnis C2C Yaitu Taobao Namun saya tidak akan membahas tentang website itu kali ini karena saya hanya akan membahas tentang website utama mereka yaitu alibaba.com
Alibaba.com berfokus dalam bidang B2B dalam skala yang kecil (bisnis kecil)
3.2 Tipe Pengiriman
Alibaba.com mengirim barang secara manual dengan cara yang diinginkan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak
3.3 Layanan Pihak Ketiga
Alibaba.com menggunakan layanan :
Escrow Layanan membuat pembayaran yang aman:
Melindungi transaksi Anda: Alibaba.com hanya akan memberikan pembayaran ke pemasok setelah verifikasi dari kedua belah pihak yang transaksi selesai.
Cepat, mudah & personalisasi layanan: Tempatkan pesanan Anda, membayar, dan melacak pengiriman mudah secara online atau memiliki bantuan perwakilan layanan khusus Anda melalui proses tersebut.
Adil dan tidak bias penyelesaian sengketa: Alibaba.com akan menengahi sengketa perdagangan berdasarkan bukti yang diberikan oleh kedua pembeli dan pemasok.
3.4 Analisis Komposisi Pasar
Alibaba.com menangani perdagangan global dan juga local tetapi berfokus kepada perdagangan global
3.5 Analisis Jam Kerja
Alibaba.com seperti website e-store dengan jangkauan global lainya melayani 1 X 24 Jam 7 Hari Seminggu




4.       Analisis Fungsionalitas
Fungsionalitas yang kita bisa temukan di website alibaba.com adalah
Buy dengan menu drop downya yang membantu para pembeli untuk menemukan dan mengetahui bagaimana cara membeli.
Dengan sub menu How to Buy
Yang menjelaskan bagaimana untuk membeli
Post Buying Request
Untuk mencari/meminta barang yang masih belum ada diwebsite itu
Download Trade Manager
Sebuah app untuk memperlancar transaksi di Alibaba.com
Sell dengan menu drop downya yang membantu penjual untuk menjual barang mereka dengan lebih efektif
Sub menunya
Supplier memberships
untuk membuat penjualan semakin efektif karena sang penjual punya membership yang menandakan bahwa penjual tersebut bisa dipercaya
Add/Manage Product
Untuk menambahkan atau memanage sebuah product agar lebih efektif
RFQ
Tempat penjual melihat apakah ada orang yang membutuhkan barang tertentu
Learning Center Dan Training Center
Tempat penjual berlatih dan untuk mengetahui hal-hal di alibaba.com
Community dan sub menunya
Untuk membantu mereka yang masih baru dan ingin tahu lebih dalam tentang alibaba.com
atau hanya saling chat antara pedagang
Dan juga category yang berisi banyak tipe barang yang diperjualbelikan



5.       Pengaruh Perencanaan Bisnis dan Fungsionalitas
5.1 Evolusi Bisnis
Bisnis ini bisa berubah menjadi C2C juga hanya dengan beberapa tambahan namun karena alibaba.com Cuma berfokus ke bisnis ke bisnis ini membuat banyak user biasa lebih biasa pergi ke e-bay
5.2 Evolusi Fungsionalitas
Memberikan bantuan dalam bertransaksi agar lebih aman bagi kedua belah pihak
Dan juga membuat daftar penjual terpercaya dan bukan hanya supplier membership saja
Mencegah penipuan yang terjadi pada saat jual beli

















6.       Kesimpulan
Alibaba.com merupakan tempat yang baik untuk berjual beli bagi pedagang
dan tempat ini sering dibalik bayangan e-bay dan amazon tetapi tetap bisa mendapatkan penjualan yang lebih besar dibandingkan para pesaingnya ini saja sudah merupakan bukti kehebatan alibaba group
Dan dengan sedikit tambahan lagi saya yakin website ini akan menjadi lebih baik lagi
7.       Saran
Menambah beberapa perlindungan bagi penjual dan pembeli karena penipuan sedang marak di internet dan juga membuat user interface yang lebih bagus


















Daftar Pustaka


Diatas adalah Raw Copy Dari Word
Sertakan Comment anda dibawah Tolong Like Dan Share Website yah ^^

Related Posts:

Post a Comment